Yuk, Cicipi 5 Oleh-oleh Lezat dari Lombok Berikut

Dodol rumput laut lezat

Sebelum pulang dari bermalam di hotel di Mandalika Lombok, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Lombok. Mulai dari makanan, minuman, hingga kerajinan, lengkap tersedia di pusat oleh-oleh. Sebelum Anda membeli oleh-oleh, sebaiknya ketahui dulu apa saja jenisnya agar tidak kalap di toko nanti. Simak daftar berikut:

Dodol rumput laut lezat

Dodol rumput laut

Dodol rumput laut adalah oleh-oleh Lombok yang cukup terkenal karena tidak ada di daerah lain. Warnanya bukan cokelat, melainkan berwarna-warni sesuai dengan rasanya. Berbeda dengan dodol daerah Betawi atau Garut, rasa manis dodol ini alami karena gulanya tidak terlalu banyak dengan serat tinggi dari rumput laut.

Susu kuda liar

Oleh-oleh yang sangat khas dari Nusa Tenggara Barat adalah susu kuda liar. Susu ini memiliki khasiat yang luar biasa karena mampu mengatasi beragam penyakit. Maka tak heran jika susu kuda liar ini banyak yang menyukainya dan menjadikannya oleh-oleh khas. Walaupun menjadi oleh-oleh, untuk mendapatkan susu ini tidak mudah. Pemerah susu di Desa Saneo harus pergi ke hutan untuk menghampiri kuda yang bebas berkeliaran. Jika Anda ingin mendapatkan susu kuda liar dalam keadaan segar, silakan berkunjung ke Desa Saneo yang terletak di Dompu. Jika berkendara dari Mataram, kurang lebih membutuhkan waktu 10 jam untuk sampai di Desa Saneo.

Madu Sumbawa

Madu dari Sumbawa sangat populer karena daerah ini terkenal sebagai penghasil madu putih. Madu ini memiliki rasa manis asli karena berasal dari hutan dan lembah yang ada di sana. Ingin membawa madu sebagai oleh-oleh? Pastikan pengemasannya seaman mungkin agar tidak bocor di jalan.

Terasi Lombok

Terasi Lombok kerap dijadikan oleh-oleh karena rasa dan aromanya yang sangat khas. Bahkan untuk membuat plecing kangkung yang enak, membutuhkan terasi Lombok ini. Terasi Lombok sendiri memiliki beberapa jenis seperti beroq, jerowaru, dan lengkare. Terasi jenis beroq memiliki rasa yang lebih pahit dibanding jenis lengkare dan jerowaru. Terasi jerowaru memiliki rasa yang lebih manis dan aroma yang lebih lembut. Sedangkan terasi lengkare memiliki sedikit rasa manis dengan warna kemerahan yang khas.

Tuak manis

Tuak yang satu ini sama sekali tidak memabukkan karena terbuat dari buah beluluk atau nira. Jadi rasanya manis dan menyegarkan. Di Lombok, minuman ini sering dijadikan sebagai tajil saat bulan Ramadhan tiba. Untuk Anda yang ingin membawa oleh-oleh tuak manis, sebaiknya ditempatkan di dalam tas yang berisi pendingin agar tidak mudah basi.

Manakah oleh-oleh yang akan Anda beli nanti? Dodol? Madu? Susu kuda liar? Atau justru kisah pengalaman liburan plus bonus cerita rakyat Mandalika yang akan Anda jadikan oleh-oleh? Apapun oleh-olehnya, yang penting meninggalkan kesan dan menjadi pengingat yang menyenangkan, ya. Selamat belanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published.