Tahapan Prosedur Pemasangan Veneer Pada Gigi

Mempunyai gigi sehat, putih, dan juga bersih tentu menjadi impian semua orang. Apalagi bagi orang yang memang mempunyai pekerjaan di depan kamera. Untuk itu, banyak orang melakukan segala cara agar mempunyai gigi sempurna. Salah satu caranya adalah dengan memasang veneer. Cara ini terbilang mudah dilakukan karena Anda bisa menemukan tempat veneer gigi Jogja atau tempat lainnya dengan mudah.

Pada umumnya, treatment seperti ini digunakan untuk membuat tampilan senyum dan gigi menjadi lebih menarik. Namun, dalam pemasangannya tentu juga mempunyai prosedur seperti halnya proses medis yang lainnya. Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui tentang prosedur pemasangannya, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Treatment Veneer Gigi

Treatment veneer merupakan sebuah prosedur medis yang dikerjakan oleh dentist dengan tujuan membuat tampilan gigi menjadi lebih meningkat lagi. Melakukan treatment ini dapat mengatasi beberapa kondisi seperti gigi patah, menguning, ukuran tidak rata, ataupun terdapat rongga antar gigi.

Pada umumnya, terdapat dua macam jenis veneer, yakni terbuat dari bahan komposit resin dan juga bahan porselen. Perbedaan dari kedua bahan tersebut adalah bahan porselen dikenal lebih tahan terhadap noda jika dibandingkan resin komposit. Selain itu, bahan porselen mempunyai tingkat ketahanan yang lebih lama serta dianggap lebih menyerupai gigi asli.

Prosedur Pemasangan Veneer

Sebelum pasien mendapatkan treatment ini, pada umumnya dibutuhkan paling tidak tiga kali konsultasi ke dentist. Konsultasi pertama untuk konsultasi, sementara kunjungan selebihnya untuk proses pemasangannya. Namun, prosedur seperti ini bisa digunakan untuk beberapa gigi dalam satu waktu.

Sebelum pemasangan dilakukan dengan sempurna, terdapat beberapa tahap yang harus dilalui. Tahapan pertama, dentist akan melakukan beberapa pemeriksaan terkait dengan kondisi gigi. Apabila ditemukan kerusakan atau masalah, maka dentist akan menyelesaikan masalah tersebut terlebih dahulu sebelum mulai memasang veneer.

Apabila tidak ditemukan masalah, maka akan langsung masuk ke tahap pengikisan enamel. Pengikisan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk menyiapkan tempat untuk penempelan veneer. Dengan begitu, hasil dari treatment ini tidak akan terlihat menonjol.

Berikutnya, si dentist akan mulai untuk membuat cetakan menggunakan bahan seperti dempul. Tahapan ini dilakukan untuk memastikan ukuran cetakan benar-benar fit ini dengan gigi asli pasien.

Sebelum memberikan cetakan permanen, pihak dentist akan memasang veneer sementara pada permukaan gigi. Proses pembuatan veneer permanen ini memang terbilang cukup bervariasi. Namun, pada umumnya pembuatannya memerlukan waktu kurang lebih satu sampai dengan dua minggu saja. Jadi, proses sampai pemasangannya memang tidak bisa dikatakan singkat.

Pada saat veneer permanen sudah selesai dibuat, maka veneer sementara yang dipasang sebelumnya akan dilepas dan mulai diganti dengan yang permanen. Namun, sebelum itu dokter akan melakukan pemeriksaan terkait dengan ukuran, warna, serta kecocokan lapisannya. Hal ini dilakukan untuk memastikan pemasangan dapat dilakukan dengan sempurna.

Terakhir, pasien akan diminta untuk kembali lagi dalam beberapa minggu berikutnya untuk mendapatkan pemeriksaan dan kontrol terhadap treatment tersebut. Selain itu, pembersihan juga akan dilakukan secara menyeluruh untuk mencegah terjadinya pembusukan.

Seperti itulah tadi gambaran proses pemasangan veneer. Bisa dilihat di sana bahwa proses pemasangan treatment ini membutuhkan waktu cukup lama sampai lapisan benar-benar terpasang sempurna. Namun, penantian tersebut tentu sepadan dengan hasil yang diperoleh. Bagi Anda yang ingin mendapatkan treatment veneer gigi Jogja, langsung saja kunjungi Opal Dental Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *