Ketahui Lebih Dalam Tentang Penyakit Liver yang Berbahaya

Penyakit liver juga dapat disebabkan karena keturunan atau genetika. Ada ketidaknormalan yang diturunkan oleh salah satu anggota keluarga kepada seseorang sehingga livernya mengalami kerusakan dan tidak bekerja sesuai dengan fungsinya.

Penyakit wilson, hemochromatosis dan oxalosis adalah beberapa penyakit liver yang disebabkan karena genetika atau penyakit turunan.

Setelah mengetahui berbagai penyebab dan jenis penyakit hati yang mungkin bisa diderita oleh seseorang, akan lebih baik untuk mengetahui tanda-tanda yang mungkin muncul pada penderita penyakit hati.

Tanda yang mungkin timbul bisa diamati secara langsung karena akan nampak pada penderita. Tanda pertama yang bisa dilihat adalah mata dan kulit akan terlihat semakin berwarna kuning.

Hal tersebut disebabkan karena gagalnya liver melakukan tugasnya untuk menyaring racun yang ada dalam tubuh sehingga ikut terangkut oleh darah yang mengalir pada tubuh. Tentu saja hal tersebut sangat tidak baik bila diteruskan. Kerusakan pada organ lain juga bisa terjadi bila penyakit liver tidak cepat ditangani.

Selain itu, beberapa bagian tubuh akan mengalami pembengkakan. Pembengkakan disebabkan karena tidak lancarnya aliran darah dalam tubuh karena liver tidak bekerja secara optimal. Selain itu hasil pencernaan yaitu urin dan feses akan berwarna lebih gelap daripada warna urin atau feses pada umumnya.

Liver berperan membantu ginjal dalam melakukan tugasnya, bisa liver rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, ginjal akan merasa kewalahan sehingga tidak bisa menyaring cairan secara tepat.

Seperti yang telah disebutkan di awal tulisan, liver ikut bertugas untuk menyediakan cadangan makanan. Bila liver rusak, hal tersebut akan terganggu sehingga seseorang akan mudah merasa lelah ketika beraktivitas.

Lelah yang dirasakan juga akan dibarengi rasa mual sehingga keinginan untuk muntah akan meningkat. Bila terus demikian, nafsu makan seseorang akan semakin turun. Hal tersebutlah yang menyebabkan kesehatan semakin menurun.

Gagalnya liver untuk bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya juga akan berpengaruh terhadap kinerja organ tubuh yang lain. Hal tersebut biasa disebut dengan komplikasi. Komplikasi yang bisa terjadi dalam beberapa bentuk.

Pertama adalah gangguan pendaharaan. Liver merupakan organ yang menghasilkan zat pembeku darah. Bila kerjanya terganggu, zat yang dihasilkan pun akan berkurang. Itulah mengapa bila seorang penderita penyakit liver mengalami luka, pendarahannya akan sulit untuk dihentikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *