Intip Lezatnya Kuliner Khas Maluku Berikut

Rujak Natsepa

Maluku tidak hanya terkenal dengan tempat wisata di Ambon saja, tetapi kekayaan kulinernya yang juga beragam. Mulai dari hidangan utama sampai hidangan pencuci mulut, lengkap tersedia dengan citarasa khas Ambon yang unik. Tentu saja aneka makanan di bawah ini tidak akan Anda temui di kota lain.

Penasaran apa saja makanan tersebut? Yuk, simak dan cicipi jika sempat!

Rujak Natsepa

Rujak Natsepa

Makanan yang tergolong hidangan pencuci mulut ini hanya bisa ditemukan di Pantai Natsepa, salah satu objek wisata kota Ambon. Rujak Natsepa sebenarnya sama dengan rujak buah yang biasanya terdiri dari jambu air, nanas, belimbing, papaya muda, timun, dan kedondong. Namun yang menjadi pembeda adalah adanya buah pala serta irisan gula merah dan kacang goreng. Unik dan menyegarkan.

Papeda

Papeda adalah kuliner yang berasal dari Indonesia Timur, tepatnya Maluku Utara. Di sana, masyarakatnya lebih banyak mengonsumsi sagu dibanding nasi. Maka, sagu pun diolah menjadi bubur sehingga teksturnya kenyal dan lengket. Untuk menyantapnya, biasanya papeda disantap dengan kuah ikan kuning yang gurih. Caranya, papeda dipilin dengan alat seperti sumpit, lalu ditaruh ke atas piring yang berisi kuah kuning. Papeda dan kuahnya pun diseruput bersama dalam sekali suapan.

Kohu-kohu

Makanan yang satu ini tergolong hidangan sayuran dengan tampilan seperti urap. Isi kohu-kohu terdiri dari toge, kacang panjang, timun, dan daun kemangi. Aneka sayuran tersebut kemudian dicampur dengan irisan bawang putih, bawang merah, perasan jeruk nipis, cabai, kelapa parut, dan yang paling menarik adalah hadirnya ikan cakalang suwir. Jika tidak ada ikan cakalang, bisa diganti dengan ikan teri basah atau juga ikan tongkol. Rasanya nikmat apalagi jika disantap dengan ubi jalar, singkong, atau pisang rebus.

Asida

Ingin mencoba makanan manis khas Ambon? Cicipi saja asida. Makanan ini memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang kental. Asida terbuat dari campuran tepung terigu, gula merah, margarin, serta rempah-rempah seperti kapulaga dan bubuk kayu manis.

Ikan asap

Daerah Indonesia Timur memang terkenal dengan beragam kuliner ikan yang nikmat. Salah satu yang patut dicoba Ketika berkunjung ke Ambon ialah ikan asap atau komu asar. Ikan yang digunakan dalam hidangan ini biasanya berjenis cakalang atau tuna. Proses pembuatannya dengan cara ikan ditusuk dengan bambu, lalu dibungkus daun pisang, dan diasap sekitar satu jam. Rasanya lezat dengan sentuhan gurih dan aroma asap di dalamnya.

Gogos

Hidangan yang satu ini mungkin namanya asing, tetapi sebenarnya mirip dengan lemper atau lalampa. Gogos adalah olahan beras ketan yang berisi suwiran ikan asar (asap) lalu dibungkus daun pisang dan dibakar. Hidangan dari Maluku Tengah ini cocok dijadikan camilan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.