5 Cara Menghemat Bensin Mobil untuk Menekan Biaya

Menghemat bensin akan menghemat pengeluaran juga

Salah satu keunggulan mobil matic dibandingkan dengan mobil transmisi manual adalah kemudahan dalam pengoperasiannya. Pada mobil matic hanya ada dua pedal saja, yakni gas dan rem.

Namun, di balik kelebihannya tersebut, ada satu kekurangan yang dimiliki oleh mobil matic, yaitu borosnya bahan bakar. Berikut ini adalah beberapa cara menghemat bensin mobil yang dapat diterapkan pada mobil matic maupun mobil manual.

Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil

Menghemat bensin akan menghemat pengeluaran juga

1. Tidak berkendara secara agresif

Saat berkendara, Anda harus benar-benar menerapkan prinsip eco driving. Jangan terlalu sering memacu gas tinggi secara tiba-tiba. Selain membahayakan diri Anda dan pengendara lain, sikap agresif seperti ini juga akan mempengaruhi umur mesin mobil Anda. Berkendaralah dengan tenang dan jangan mudah terpancing dengan sikap pengendara lainnya.

2. Memperhatikan RPM

Cara ini bisa dikatakan cara terbaik untuk menghemat bahan bakar mobil Anda, yaitu dengan memperhatikan RPM mesin. RPM atau putaran mesin yang normal adalah sekitar 3.000 RPM. Pastikan putaran mesin mobil Anda berada di kisaran angka tersebut.

3. Tidak berlebihan menggunakan AC

AC memang sangat dibutuhkan untuk membuat suasana di dalam mobil menjadi lebih nyaman. Namun, terlalu berlebihan dalam menggunakannya justru akan membuat bahan bakar menjadi cepat habis. Sebisa mungkin gunakan AC seperlunya saja dan atur suhu seminimal mungkin agar tidak terlalu boros, apalagi jika cuaca tidak begitu panas.

4. Menggunakan gigi yang tepat

Pada mobil transmisi manual, ketepatan penggunaan gigi juga turut serta dalam hal konsumsi bahan bakar. Anda perlu menyesuaikan gigi dengan kondisi jalanan.

Ketika berkendara di jalan yang menanjak, sebaiknya gunakan gigi rendah, sedangkan ketika berkendara di jalan yang lebih landai, gunakan gigi yang lebih tinggi.

5. Tidak menginjak gas berlebihan ketika berada di tanjakan

Biasanya hal ini sering terjadi pada mobil matic. Ketika berada di tanjakan, banyak yang menginjak gas secara berlebihan. Cobalah untuk tidak terlalu kuat menginjak gas agar konsumsi bahan bakarnya tidak terlalu berlebihan.

Cara-cara di atas mungkin tidak mengurangi konsumsi bahan bakar dengan signifikan. Namun, jika benar-benar diterapkan dengan baik, setidaknya hal tersebut bisa sedikit mengurangi budget dalam hal pembelian bahan bakar. Selain itu, kondisi mobil juga akan terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *